Minggu, 16 Desember 2012

Ssst ini rahasia buku alumni... ^^


Buku alumni isinya apaan sih?

Poto, nama, tanggal lahir, alamat, kelas, kesan pesan dan cita-cita. Standar kan? Dimana-mana juga gitu. Mana pas SMP masi item putih lagi. Sumpah gak charming abeis. (derita angkatan tua heheh)
Apa istimewanya sih? Kuno. Konservatif. Hanya dokumen pelengkap kelulusan doang.
Emmm. Mungkin buat orang lain kuno, tapi buat saya, buku alumni SMP saya itu begiiiitu istimewa karena
dari situ saya baru ngeh bahwa ternyata Allah menuntun saya pada jalan hidup masa depan saya tanpa saya sadari.

Sebetulnya, ketika SMA saya juga sudah lupa sih dengan apa yang pernah saya tulis di buku alumni. Hingar bingar kelulusan langsung tergantikan kesibukan cari ilmu di SMA. Ya maklumlah udah mulai sibuk sama rutinitas di kampus putih abu-abu, masuk organisasi, sibuk dengan romantika cinta monyet :D, cinta monyet tetangga kelas, dirumpiin muluk maksudnyah.. hahah dan tentu saja sibuk nentuin arah dan tujuan. Yang jelas sih dulu rada kagol mau ambil jurusan. IPA atau IPS gitu. Sejujurnya saya suka IPS tapi kok kayaknya ortu nggak sreg kalau saya ke IPS walhasil demi bakti saya pada orangtua, saya masuk IPA dan alhamdulillah banget selalu jadi langganan penghuni ruang remidi mata pelajaran Fisika, Matematika, Kimia, dan Biologi setiap habis ujian semester atau UTS. Yanasib. Hahaha. Karena itulah saya ndak minat ambil jurusan sains untuk masuk kuliah. Saya binguuung sekali waktu mendekati UM UGM. Bingung mo pilih apa. Pokoknya kalau yang bau-bau sains saya nyerah deh. Ogah. Walaupun kuliah sama orang-orang cakep tetep gak mau. (Soalnya yang cakep2 itu bakalan depresi kalo sekelas sama saya, karena begitu charmingnya saya, LOL) Dan ketika galau itu melanda untunglah Allah menuntun saya ke arah yang benar. Saya diajak temen untuk konsul minat dan jurusan ke psikolog. Dan hasilnya saya disuruh kuliah di Psikologi atau di pendidikan bahasa inggris. Sebetulnya kenapa di pendidikan bahasa inggris karena nurut referensi ibuk saya aja yang guru bahasa inggris. Dan yang penting bebas dari per-science-an deh. MERDEKA!!!!! Horrrayyyyy! Jingkrak jingkrak. Koprol. :D

Setelah saya jadi sarjana Psikologi, ga sengaja saya buka-buka buku alumni itu. Sebetulnya beresin buku sih tadinya. Milah-milah. Mana buku yang masi kepake dan mana yang uda harus diloakin. Eh si buku alumni nongol. Saya jadi penasaran dulu saya nulis apa di buku alumni. Dan jeng jeng...

Ealah kok ya ternyata dulu saya menulis bahwa saya ingin menjadi Psikolog. Sumpah deh, dulu saat menuliskannya, saya yakin rada mabok. Soalnya saya juga tidak tahu persis pekerjaan psikolog seperti apa. Awam banget. Hanya tahu di majalah kalau ada masalah konsultasi ke psikolog. Ya daripada bingung mo nulis apa tulis aja kayak gitu. Beres. Keren juga kan. Jadi psikolog. Dan urusan buku alumni selesai. Yang penting biodata terisi dengan lengkap. Gitu doang simpel.

Dan kini baru saya sadar bahwa Allah sudah menuntun garis hidup saya dengan sangat indah. Ehm berkali-kali saya diyakinkan bahwa kehidupan ini layaknya benang-benang yang jalin-menjalin. Selalu ada benang merah dari jalan hidup kita. Saya toh juga tak tahu apa yang digariskan Allah untuk saya ke depan. Jujur kayaknya kok saya tidak pernah memaksakan kemana kaki ini melangkah. Bahkan selalu blank menentukan arah langkah saya. Saya seperti hanya mengalir saja seperti air. Allah lah yang menuntun kemana kaki ini melangkah. Saya hanya mengambil setiap kesempatan yang ada di depan mata. Tentu saja, saya pun berdoa, semoga selalu dituntun menuju jalan yang benar dan yang diridloiNya. Mensyukuri apa yang Allah berikan. Melakukan sebaik yang bisa kita lakukan. Dan yakin bahwa apa yang dituntunkan Allah adalah yang terbaik.
 
Refleksi ngenet bareng temen kantor bernama Fery yang punya pikiran sama tentang jalan hidup. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar