Selasa, 04 Desember 2012

Begitu kenal langsung ingin memilikimu!




Apaan sih tu?
Pada ngapain sih jongkok-jongkok gitu?


Buat yang belom tahu, ini namanya kinnect mamen...
Pertama kali lihat juga kemaren. Dan oonnya saya nggak tau kinnect tu apaan. Dengernya juga baru kali itu. CEO saya aja ampe melotot pas saya tanya kinnect apaan. Mungkin pikirnya dia, wah salah rekrut orang inih. Plis deh hari gini gak tau kinnect? Omigoootttt.  
Ehmmm semacam tragis. hahaha
Mungkin banyak yang uda tau. Tapi mungkin juga banyak yang belom tahu kayak saya. Ya maklumlah walopun saya kerja di bidang gamedev tapi saya gak tau ada yang beginian. 

Arrrrrrrrrr. Sakjane kinnect ki panganan opo to? ra gek dibahas-bahas!!!!!

Upps.

Sabar mamen... ^_^

Kinnect itu adalah
semacam game yang mengintegrasikan kemampuan motorik, visual dan kognitif kita sekaligus. Ini alat ajaib banget deh kalo menurut saya. Soalnya untuk mengoperasikan menunya  ga perlu nyentuh macem touch screen gitu. Kita ngoperasiin menunya juga dari jauh. Jarak 2 meteran gitu deh. Si Tipi yang super gede itu, gede banget sumpah kayak aquarium, mungkin sistemnya kali ya yang ada di tipi itu bisa mendeteksi gerakan kita. Jadi si kinnect ini dilengkapi sama sensor gerakan. (kalo salah ya mohon maap yah)

Nah kemaren saya nyoba dua game yang namanya gak tau apa. Game pertama itu ceritanya saya lagi ada di lintasan yang penuh halang rintang gitu. Kadang harus lompat, kadang harus jongkok. Kadang miring kanan kadang miring kiri, kadang gerakannya kayak mendayung gitu. Wah seru deh pokoknya. Bisa main secara independen dan battle. Kebetulan waktu itu saya battle sama Seto. Ya skor kita beda tipis lah, dia 332, saya 223. tipis kan bedanya. hahahahha.

Game kedua saya juga ga tau namanya. Pokoknya dalam game itu kita seakan-akan berada di sebuah akuarium. Trus misinya menyelamatkan akuarium dari terjangan ikan-ikan yang mo nyeruduk biar akuariumnya ga bocor. Kalo dapet ikan hiu, waah mesti semua tangan dan kaki dipergunakan deh. Soalnya ampe bawah lantai bocor juga. 

Seneng deh maininnya. Bisa jadi game ini menjadi salah satu solusi efektif untuk meningkatkan fungsi kognitif kita. Ada sebuah jurnal yang pernah saya review sebelumnya. Jurnal ini menceritakan tentang Dr. Cay Anderson-Hanley dari Union College yang pernah  meneliti aktivitas yang mengkombinasikan aktivitas fisik dengan video games secara simultan. Beliau ini pengen tahu apakah ada beda yang signifikan antara aktivitas fisik yang dilakukan secara tradisional dengan aktivitas fisik yang dipadukan dengan videogames bagi fungsi kognitif manusia.  Kemudian Dr Cay mencoba membuktikan benefit dari cybercycling untuk para lansia. Cybercycling adalah sepeda statis yang menggunakan teknologi videogames dimana pengendaranya akan diajak untuk melakukan tour secara virtual melalui videogames tersebut. 



Jadi Dr Cay ingin mengeksplorasi lebih jauh mengenai kapasitas teknologi dalam meningkatkan fungsi kognitif, kesehatan fisik, dan meningkatkan faktor perkembangan neurotropik yang punya peranan penting dalam perkembangan neural dan maintenance-nya dibandingkan dengan kegiatan fisik tradisional.

Nah, setelah diamati selama 3 bulan dan dibandingkan dengan lansia yang melakukan kegiatan fisik yang sifatnya tradisional ternyata hasil yang didapat sangat positif. Lansia yang melakukan cybercycling mengalami peningkatan fungsi kognitif. Fungsi kognitifnya jauh lebih baik dibandingkan dengan lansia yang aktivitasnya fisiknya tradisional. Jadi kesimpulannya,  melakukan aktivitas fisik dan bermain video games secara simultan dapat mencegah penurunan fungsi kognitif. Infonya ada di sini nih http://bit.ly/GUzFgv


Saya pikir cara kerja kinnect dan cybercycling hampir sama ya. Keduanya sama-sama mengintegrasikan aktivitas fisik, motorik, dengan videogames secara bersamaan. Jadi menurut saya, si kinnect ini bisa juga jadi salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan kognitif kita biar ga pikun. ^^

Saya sih sebenernya juga pelupa banget. Dan pengeeeeen banget bisa beli tipi LCD yang gede itu. Mungkin itu LCD ukurannya 80 inchi deh trus sekalian sepaket juga ama kinnectnya. Biar bisa ngelatih fungsi kognitif saya ini. Buat anak-anak kan juga lebih bagus lagi. Fungsi kognitif mereka jadi berkembang lebih optimal. 

Bukan promosi lho ini. 
Saya hanya cerita aja karena kepengen.

Ehhmmm, Buat anakku, (yaela merit aja belom, :P, ndak papa lah, wong ndak dosa ini.. hihihi)
Ibuk pengen deh besok kamu bisa main-main pake kinnect. Bisa loncat-loncat. Battle bareng ibuk. Tapi ibuk belum punya duit buat beli sekarang. Ibuk nabung dulu yah. Ato gini aja, ibuk cari bapak yang duitnya banyak aja ya sayang. kan pasti bapakmu nggak bakal mikir dua kali buat beliin si kinnect dan LCD nya itu. Oke ya. ! #Wish me luck dear ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar