Kamis, 11 Juli 2013

Benci jadi damai :)))))

Pernah benci banget sama orang?

Saya pernah dan saya ketakutan sendiri pada kebencian saya ini. Hahaha
Kenapa takut. Ya gimanalah, orang-orang sering bilang kan, ati-ati kalau benci sama orang. Bisa jadi cinta lho nanti. 
Glek. 
Duuuh saya ngeri deh kalau kemudian disandingkan dengan orang ini sama Allah di kemudian hari. Apalagi udah banyak kasusnya. Mbak tetangga idola saya dulu juga sebel ndulit sama suaminya yang sukanya senyum-senyum najong sama dia pas SMP. Trus temen masa kecil saya juga ngalamin hal yang sama. Tapi dia belum sampe nikah sih. Nah dua orang yang saya ceritain ini bersekolah di SMP yang sama. Almamaternya sama. Mungkin kutukan almamater kali ya. Hehehe. Itu yang udah terbukti. Nah temen-temen kerja suka banget ngompor-ngomporin saya tuh. Kalau dalam bahasa saya macok-macokke. Nggodain saya dengan temen kantor saya sebut saja X. Saya jadi makin sebeeeel sama orang itu. Malah ada yang sampai berdoa dia jadi jodoh saya lagi. Alhasil setiap hari, setiap saat, kalau dia lagi aneh perilakunya, saya ketok-ketok meja sambil bilang amit-amit. Eh malah semakin riuh dibecandain. Hayooo mbak ika... hayooo ntar jodoh lho. Makin keceng pula lah saya ketok-ketok meja. Pernah saya sampai marah besar sama Udin menyangkut perkara ini. Padahal saat itu saya lagi puasa. Bodo amat lah. Kemarahan saya udah diujung rambut. Saya muntab. saya menyalahkan Udin yang demeeeen banget nggodain saya dengan dia. Saya bilang gini ke Udin. 
Udiiiiiin, kamu harus tanggung jawab pokoknya. Dulu, kalau diukur kadar ketidaksukaanku pada si X  masih pada batasan normal. Aku masih bisa mentoleransi keanehan dia. Kalaupun dia aneh dan aku nggak suka keanehan dia, itu masih dalam batas wajar. Tapi karena kamu menstimulusku dengan godaan kamu yang bertubi-tubi, aku jadi makin nggak suka sama dia. Kamu tahu kadarnya??? segini nih. Gede banget tauuuuk. Kamu yang salah pokoknya! Kamu pikir aku wonder woman hah, aku nggak punya hati sekuat baja yang bisa mentoleransi itu semua!! (sambil tunjuk-tunjuk Udin, sambil marah-marah. Padahal saya tidak pernah seemosional ini sebelumnya. Tapi nggak tahu mungkin PMS kali ya. Trus si Udin diem doang nggak berkutik. Lain waktu dia minta maaf). Huft. Sabaaaaaaaaaar... Sabaaaaaaaaar

Lho kok bisa sih nggak suka sama si X? Emang dia salah apa?

X itu tipikal lelaki rigid. Kaku. Saya selalu bilang mungkin orang ini adalah robot yang terperangkap dalam tubuh manusia. Dia kaku sekali berkomunikasi. Sering bertingkah aneh. Suka tidak aware dengan lingkungan. Kalau pergi ya pergi aja gitu. Nggak pamit nggak salam. Maka temen-teman sering membully dia. Awalnya saya berempati sama dia. Kalau dia dibully temen-temen, saya bilang jangan lah kasian. Kemudian saya sampai pada suatu peristiwa dimana saya sakit hati pada dia. Ceritanya, saya diberi tugas untuk membuat poster untuk open recruitment programmer. Yang tahu klasifikasinya seperti apa kan dia. Ya saya tanya dong sama dia. Eh sama dia malah disuruh gugling. Carilah sendiri. Dia ngomong gitu dengan nada tinggi. Seakan saya ini tolol. Nggak berguna. Gitu aja pake nanyak-nanyak. Dan itu bikin saya sakit hati. Oke baiklah. Dan ternyata dia seriiiing banget ngomong dengan nada tinggi begitu pada teman-teman yang bikin teman-teman bete. Ya gimanalah saya mau respek pada orang kayak gitu. Saya kan ngeri pas temen-temen yang dengan teganya nggodain saya, ihir ihirin saya dengan dia. Lha nadanya ngomong aja kayak ngajakin berantem. Apakabar kesehatan mental anak dia nanti? hiiiy. Amiiit Amiit deh.

Alhasil manifestasi (ecieh) perilaku saya terhadap dia menjadi atos (keras). Saya tidak pernah mengajak dia berkomunikasi padahal dengan yang lain saya ramah sekali. Perhatian. Selalu saya tanya. Saya sapa. Saya ogah aja berinteraksi dengan dia. Males. Pertama males direspon dengan buruk oleh yang bersangkutan. Kedua males digodain sama temen-temen kalau saya perhatian sama dia. Saya sadar, kognisi dan emosi saya pada dia udah nggak sehat. Interaksi kami nggak sehat. Tapi gimanalah. Saya illfeel sama dia. 

Akhirnya, Tata, si Psikolog muda, konselor hidup saya bilang gini:
Ka, Yusti bilang, kamu harus bisa "berdamai dengan perasaanmu sendiri pada X". Ibaratnya gini nih. (tata menggandeng tangan saya) dia selalu ikut denganmu kemanapun kamu berada. Apa yang akan kamu lakukan?
Ya dilepasin lah. (jawab saya)
Bukan. Bukan dilepasin. Tapi dibawa, dibawa dengan penerimaan yang ikhlas. Diterima bahwa dia ada dalam hidupmu.
Waktu itu saya denial. Ogah deh Ta. Saya ketok-ketok meja. Amit-amit.

Setelah itu saya pulang. Saya nggak mikirin. Nah habis sholat Isya saya dilesakkan Allah pada satu kesadaran. Saya menangis. Entah mengapa. Tiba-tiba air mata saya meleleh. Duuh Gusti saya sudah keterlaluan pada perasaan saya. Akhirnya saya ikuti saran Tata. Saya coba bayangin wajah si X. Saya minta maaf. Beneran minta maaf. Bahkan saya berdoa, jika memang orang ini harus bersanding dengan saya, saya ikhlas. Apa coba yang saya rasakan? Plong. Plooong sekali. Damaaaaaaaiii sekali. Beneran cesss hati saya.
Saya juga beneran minta maaf secara pribadi lho pada dia. Maaf kalau selama ini atos. Sebetulnya ingin ketemu langsung tapi dianya nggak masuk kantor. Jadilah saya wasap aja kebetulan momennya pas mau masuk Ramadan kemarin. Dan hari berikutnya saya bisa menyapa dia dengan damai. Sama sekali tidak ada benci yang harus diamit-amitin. It's not just about forgiveness. It's about acceptance. Dan ternyata menerima dan berdamai itu indaaaaah sekali. Sekarang hidup saya lebih positif. Berinteraksi lebih positif. Yeayyy :))) 
Wanna try? ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar