Rabu, 15 Mei 2013

Tips campur-campur bab kerumahtanggaan


Hai haiiiii :D

Biar rada manfaat dikit, saya mau share nih tentang beberapa tips yang saya dapat selama ini. #ngaku kalo selama ini blog nya isinya galau jodoh mulu, rada gak mutu ahahahha.
Ini dia tips dari saya, eh ibuk saya ding :D

Kalau nasi dalam magic jar bau
Kadang-kadang nasi dalam magic jar suka bau dan benyek kan? Baru sebentar nyimpen udah kuning. Nah ibuk saya sering pake cara ini nih biar nasi tetep awet. Jadi setelah beras dicuci, siap untuk ditanak, tambahin perasan jeruk nipis. Nggak usah banyak-banyak. Biasanya sih cuma seperempat atau setengahnya aja.

Bersihin noda di baju.
Kalau baju bernoda, biasanya mbak yang nyuci di rumah langsung ngrendem baju tersebut pake bayclean sama deterjen. Biar ampuh, bagian yang kena noda dileletin deterjen. Trus kalo udah direndem kira-kira setengah jam atau sejam gitu dikucek deh.

Bab uleg-menguleg
Tau ketumbar? Biasanya kalo mo bikin tempe goreng suka nguleg ketumbar, bawang putih sama garam kan biar gurih?
Nah kalo pas mau nguleg ketumber, ibuk saya selalu cerewet bilang gini, step pertama itu masukin ketumbar di cobek. Kasih air dikit. Fungsi air ini buat membasahi si ketumbar biar gampang ngulegnya. Jadi tumbarnya gak lari kemana-mana. Tapi nggak berlaku buat mrica ya. Mrica nggak perlu dikasih air pas nguleg.
Guna garam
Setelah si tumbar diuleg halus, baru deh tambahkan bawang putih dan garam. Apa fungsi garam? Garam ternyata berguna buat menghaluskan si bawang putih. Makanya garam selalu dicempungkan bersamaan dengan bahan lainnya. Ini berlaku juga kalau mau nguleg sambel.
Kalau mau bikin rica-rica atau bumbu yang memerlukan berbagai ingridient buat diuleg, bahan-bahan harus dimasukin semua. Jangan diuleg satu demi satu. Selain rempong, rasanya juga nanti beda. Pernah nih saya disuruh nguleg bumbu rica, saya uleg bawang-bawangan dulu, baru kunir/kunyit. Tapi kunyitnya malah jadi nggak halus. Masi mrongkol-mrongkol gitu.Kata ibuk, semua bahan harus diuleg jadi satu dan dikasih garam biar lembut jadi mudah ngulegnya.

Bab rebus merebus telor
Biar telor gak pecah waktu direbus, tipsnya adalah masukin bawang merah bersamaan dengan telor. Telornya jadi bagus deh. Nggak pecah.

Bab goreng menggoreng ikan
Saya kalau nggoreng ikan males. Suka njeblug-njeblug soalnya. Makanya kalo nggoreng suka pake helm. Ahahahha. Tapi ada tips bagus nih biar ikan nggak njeblug minyaknya pas digoreng. Masukin bawang merah aja di wajan. Lumayan mengurangi njeblug-njeblugnya itu kok.
Kalau nggoreng ikan bumbunya apa aja?
Mungkin ada yang sukanya pake kunyit ya?
Kalo keluarga saya sih paling cuman modal garam doang udah enak kok
Kalo pake kunyit soalnya jadi gampang gosong.

Bab sprei
Punya seprei lama yang nggak ada karet di pinggirannya? Syusah ya kalo mo dipake buat kasur busa atau springbed. Nah biasanya nih, ibuk saya pake cara bodon. Iket aja ujung-ujungnya biar membentuk sudut. Aduh tapi syusah juga mendeskripsikan. Gini gini. Tiap ujung di tali mati. Jadi ada 4 tali mati di sudut-sudut seprei. Nah tinggal di sesuaikan aja dengan kasurnya. Biar gak lari-lari kasih aja peniti di ujung-ujung.


Nah itu sedikit tips dari saya, semoga bermanfa'aaaaaat *khas tips di majalah-majalah gitu ya boook bahasanya. Ahahahhaaaa... ^^ 

*sorry for the diction
*semrawut 
*ditulis saat laper

Tidak ada komentar:

Posting Komentar